cover
Contact Name
Basiron
Contact Email
-
Phone
+6285800057724
Journal Mail Official
jadimas765@gmail.com
Editorial Address
Kantor Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (UPPM) STKIP PGRI Tulungagung Jalan Major Sujadi Timur 7, Plosokandang, Kedungwaru Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66229
Location
Kab. tulungagung,
Jawa timur
INDONESIA
J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat)
Published by STKIP PGRI Tulungagung
ISSN : -     EISSN : 26139103     DOI : https://dx.doi.org/10.29100/j-adimas
J-Adimas; Pengabdian Kepada Masyarakat menerbitkan karya ilmiah seputar Pengabdian Kepada Masyarakat. J-Adimas mendukung analisis kegiatan yang berkaitan dengan hilirisasi dari hasil penelitian menjadi segala sesuatu yang berdayaguna secara langsung kepada masyarakat sesuai kaidah pengabdian kepada masyarakat. J-Adimas ini membatasi pengabdian masyarakat yang berada dalam ruang lingkup bidang: Pembangunan manusia dibidang pendidikan dan Sosio-Humaniora, Pengentasan kemiskinan, Pengelolaan wilayah pedesaan dan pesisir berkearifan lokal.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2020)" : 10 Documents clear
PELATIHAN ANALISA STATISTIKA DESKRIPTIF DATA KEPENDUDUKAN DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT EXCEL DI DESA GEDANGAN KECAMATAN SIDAYU KABUPATEN GRESIK Muhammad Athoillah; Wara Pramesti; Elvira Mustikawati P.H
J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol 8, No 1 (2020)
Publisher : (STKIP) PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/j-adimas.v8i1.1614

Abstract

Data kependudukan merupakan data penting yang menjadi acuan bagi para pemimpin dalam membuat banyak kebijakan, diantanya adalah pemanfaatan alokasi anggaran, perencanaan pembangunan, pelayanan publik, serta pencegahan kriminal dan penegakan hukum. Desa gedangan merupakan desa kecil di daerah kecamatan sidayu, bagian dari Kabupaten Gresik dengan jumlah penduduk lebih kurang 200 jiwa. dengan jumlah tersebut tentunya data kependudukan di desa ini cukup banyak dan rumit, sementara para perangkat desa yang mengelola data tersebut memiliki pengetahuan yang kurang dalam hal pengelolaan data kependudukan tersebut. Oleh karena itu, Program Studi Statistika Universitas PGRI Adi Buana Surabaya menyelenggarakan Pelatihan Analisa Statistika Deskriptif dengan Microsoft Excel untuk meningkatkan pengolahan data kependudukan di desa tersebut. Statistika Deskriptif merupakan bagian dari ilmu statistika yang bertujuan untuk mengorganisasi dan menganalisis data sehingga dapat memberikan gambaran jelas, ringkas dan teratur mengenai suatu keadaan.Kegiatan Pelatihan dilaksanakan di Balai Desa Gedangan dengan peserta yang terdiri dari beberapa golongan, diantaranya perangkat desa, bumdesa, karang taruna, dan beberapa guru PAUD yang dalam keseharian pekerjaannya berhadapan dengan pengelolaan data. Keseluruh kegiatan pengabdian telah terlaksana dengan baik, keberhasilan kegiatan ini diukur dari antusiasme peserta selama kegiatan pelatihan serta hasil evaluasi dan monitoring pasca kegiatan dimana para peserta dapat mengimplementasikan hasil latihannya dengan baik saat bekerja.Kata kunci:Analisa Data, Data Kependudukan, Pengabdian Kepada Masyarakat, Statitika Deskriptif
PPM CIPTA LAGU ANAK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA Sri Rahmawati Fitriatien; Ninik Mutianingsih; Restu Ria Wantika; Liknin Nugraheni; Eko Sugandi
J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol 8, No 1 (2020)
Publisher : (STKIP) PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/j-adimas.v8i1.1576

Abstract

Pelaksanaan kegiatan ini dilatarbelakangi oleh keprihatinan terhadap perkembangan lagu anak di tingkat usia dini yang berkembang tidak seiring dengan perkembangan lingkungan sosial anak. Kondisi yang demikian memacu tim dosen Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Adi Buana Surabaya untuk melaksanakan program pengabdian kepada masayarakat melalui bimbingan dan pelatihan dalam mencipta lagu anak yang bertemakan pengenalan konsep matematika dasar kepada anak usia dini. Melalui kegiatan bimbingan dan pelatihan ini, diharapkan Bunda PAUD mampu memiliki pengetahuan matematika yang lebih baik, sehingga keterampilan dalam mencipta  lagu anak yang berkaitan dengan konsep matematika dapat tercipta dengan baik dan memberikan penyegaran kepada Bunda PAUD terkait pandangan dan pengetahuan Bunda PAUD terkait konsep matematika melalui lagu anak. Lagu yang diciptakan ini dapat digunakan sebagai media alternatif dalam mendampingi anak usia dini belajar matematika selama di kelompok bermain atau belajarnya. Sasaran kegiatan pengabdian ini adalah Bunda PAUD di wilayah Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto. Hasil dari kegiatan pengabdian ini mampu memberikan kontribusi nyata dari kelompok Bunda PAUD di wilayah Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto berupa cipta syair dan lirik lagu yang bertemakan  pengenalan konsep matematika yang akan didaftarkan sebagai hak kekayaan intelektual dari kelompok Bunda PAUD Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto.
PENINGKATAN BUDAYA LITERASI ANAK DI SDN NGAGLIK KECAMATAN KASIMAN BOJONEGORO Junarti Junarti; Fifi Zuhriah; Rika Pristian F; Siti Fatimah
J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol 8, No 1 (2020)
Publisher : (STKIP) PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/j-adimas.v8i1.1610

Abstract

Budaya literasi harus senantiasa ditingkatkan utamanya untuk para generasi muda bangsa Indonesia. Peningkatan tersebut bisa dimulai dari pendidikan formal, non-formal maupun informal. Dalam pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan penulis di Pendidikan formal di SDN Ngaglik Kecamatan Kasiman Kabupaten Bojonegoro. Kegiatan yang dilakukan berupa kelas untuk orang tua dan anak. Kelas orang tua melakukan beberapa kegiatan diantaranya strategi kreatif orang tua dalam hal membacakan buku, mendongeng, dan membuat permainan kreatif. Kelas anak melakukan kegiatan diantaranya yang merangsang kegiatan yang meningkatkan kecintaan terhadap buku, dalam hal ini program SBSA (Satu Buku Satu Anak). Kata kunci: Peningkatan, Budaya Literasi, Kelas Orang Tua dan Anak
PENDAMPINGAN PENYUSUNAN LAPORAN KARYA TULIS BAGI SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER KARYA ILMIAH REMAJA DI MAN 1 TULUNGAGUNG Nany Soengkono Madayani
J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol 8, No 1 (2020)
Publisher : (STKIP) PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/j-adimas.v8i1.1602

Abstract

Karya tulis adalah hasil dari pemikiran dan tindakan penelitian yang memiliki muatan positif baik bagi diri sendiri dan lingkungan. Penyusunan karya tulis memang membutuhkan pengetahuan keilmuan tentang sistematika dan metode penulisan. Kegiatan Pendampingan ini memiliki konsepsi pelatihan penyusunan laporan karya tulis, agar mampu meningkatkan kompetensi yang baik. Dengan adanya pendampingan, diharapkan anak didik mampu membuat laporan hasil penelitian dalam bentuk karya tulis ilmiah (KTI) . Untuk itu, perlu adanya pendampingan pada anak yang mengikuti pengembangan diri KIR di MAN 1 Tulungagung. Berdasarkan pengamatan selama pendampingan kegiatan dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini dapat berjalan lancar, selain itu antusiasme siswa dampingan yang tinggi serta rasa ingin tahu dari para peserta membuat pemberian materi menjadi sangat efektif dan efisien. Keyword: Pendampingan, kompetensi, laporan karya tulis
MELATIH KECERDASAN LOGIS MATEMATIS PADA ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN ENGKLEK Rani Kurnia Putri; Sunyoto H.P; Sri R; Erlin L; Prayogo Prayogo
J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol 8, No 1 (2020)
Publisher : (STKIP) PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/j-adimas.v8i1.1609

Abstract

Setiap anak dilahirkan memiliki berbagai kecerdasan dalam tahapan dan indikator yang berbeda. Hal ini menunjukkan bahwa semua anak itu cerdas, perbedaannya terletak pada tahap perkeembangan  anak dan indikator kecerdasannya. Kecerdasan yang dimiliki oleh setiap individu tersebut harus dikembangkan untuk memecakan masalah dalam kehidupan pada masa yang akan datang, salah satunya adalah kecerdasan logis-matematis. Kecerdasan Logis matematis pada intinya adalah kecerdasan yang menyangkut kemampuan matematis dan ilmiah yang meliputi operasi matematis dan pemecahan masalah serta penalaran berpikir logis. Berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa guru PAUD di Desa Gondang yang dilakukan oleh tim Dosen Pendidikan Matematika Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, diperoleh informasi bahwa berkenaan dengan usaha untuk menumbuh kembangkan potensi anak di Desa Gondang, maka penting untuk melaksanakan kegiatan workshop pengabdian kepada masyarakat dengan melatih kecerdasan logis matematis melalui permainan tradisional engklek, permainan engklek dipilih karena di Desa Gondang sedang menggalakkan permainan tradisional untuk memperkenalkan, melestarikan, sekaligus meningkatkan  kecintaan terhadap warisan budaya bangsa dan nilai-nilai luhur yang terkandung didalamnya. Dari hasil kegiatan pelatihan PKM ini, diperoleh feedback dari Bunda Paud berupa informasi bahwa anak-anak usia dini menjadi lebih aktif dalam bermain, karena pola/bentuk dari permainan engklek tidak pakem, maka Bunda Paud dapat mengganti pola/bentuk dari permainan engklek, sehingga menjadikan anak-anak tidak bosan, dan anak-anak pun jadi memahami pola-pola bangun datar yang lain.Kata Kunci: Anak Usia Dini; Engklek; Kecerdasan Logis matematis
WORKSHOP LOOSE PARTSFOR CREATIVE LEARNING:CHILDHOOD EDUCATION IN INDUSTRIAL REVOLUTION ERA 4.0 anik lestariningrum; itot bian raharjo; kuntjojo kuntjojo; Ayu Titis Rukmana Sari
J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol 8, No 1 (2020)
Publisher : (STKIP) PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/j-adimas.v8i1.1601

Abstract

Pembelajaran anak usia dini terus berkembang dan mengikuti kemajuan pengetahuan dan teknologi. Sebagai pendidik PAUD diperlukan sebuah kegiatan dimana meningkatkan kompetensinya sehingga dapat menerapkan pada peserta didik sebuah konsep pembelajaran inovatif, kreatif dan juga mendukung stimulasi perkembangan anak. Konsep loose parts sebagai konsep pembelajaran kreatif menjadi salah satu focus dalam peningkatan yang ingin dicapai dalam kegiatan workshop ini. Dimana penerapan   loose partsmerupakan sebuah pembelajaran menuju kerangkan abad 21 yaitu pada masa revolusi industri 4.0. Bagian mengembanlikan konsep guru kreatif menjadi sasaran dari workshop ini sehingga nantinya pendidik mengetahui potensi dilingkungan sekitarnya sebagai bahan dalam mencari sumber belajar yang lebih menarik bagi anak serta merangsang stimulasi kreativitas menjadi penemu bukan peniru. Rancangan workshop ini dilakukan dalam 4 hari dimana kegiatan dari observasi langsung di lembaga PAUD terkait pembelajaran, materi terkait konsep kreatif learning di PAUD serta praktek langsung mendesain pembelajaran dengan konsep loose parts membawa perubahan semangat pada penguasaan konsep mendalam sehingga para pendidik langsung dapat menerapkan ilmu yang diperolehnya di lembaganya masing-masing
PELATIHAN PEMBUATAN NUGGET DENGAN PENAMBAHAN SAYURAN DI PANTI ASUHAN YAYASAN ISLAM MEDIA KASIH BANDA ACEH Fadlan Hidayat; Salfauqi Nurman; Ruka Yulia; Dewi Ermaya
J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol 8, No 1 (2020)
Publisher : (STKIP) PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/j-adimas.v8i1.1613

Abstract

Pembuatan nugget dengan penambahan sayuran di Panti Asuhan Yayasan Islam Media Kasih Gampong Seutui Kecamatan Baiturrahman Kota Banda Aceh memberikan informasi terkait tentang cara pengelohan produk pangan yang dapat diimplementasikan atau dilakukan oleh anak-anak panti. Kegiatan ini dilakukan pada hari senin, 12 Februari 2018, Peserta kegiatan ini adalah anak-anak Panti Asuhan yang berjumlah ± 20 orang. Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman terhadap produk pengolahan pangan yaitu pembuatan nugget dengan penambahan sayuran. Manfaat dari kegiatan ini yaitu anak-anak panti asuhan dapat mengolah produk pangan rumah tangga dan produk hasil pertanian lainnya secara mandiri. Kata Kunci: Pembuatan, Nugget, Panti Asuhan
PELAPORAN CLASSROOM BASED ACTION RESEARCH BAGI GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SIDAYU Pana Pramulia; Reza Rachmadtullah; Achmad Fanani; Dian Kusmaharti; Wahyu Susiloningsih
J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol 8, No 1 (2020)
Publisher : (STKIP) PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/j-adimas.v8i1.1603

Abstract

Guru harus melakukan peningkatan mutu pembelajaran secara terus menerus agar prestasi belajar peserta didik optimal. Untuk mewujudkan hal tersebut guru harus dibekali dengan kemampuan meneliti, khususnya Classroom Based Action Research.Sebagian besar guru SD di mitra Kecamatan Sidayu merasa kesulitan dalam membuat laporanClassroom Based Action Research. PKM ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan pemahaman guru SD tentang pelaporanClassroom Based Action Research; (2) meningkatkan kreativitas guru dalam pelaporan Classroom Based Action Research. Mitra PKM ini adalah guru-guru di SD di mitra Kecamatan Sidayu. Pelaksanaan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) dilaksanakan secara daring. Kegiatan pengabdian secara keseluruhan dapat dinilai cukup baik, dilihat dari keberhasilan target jumlah peserta pelatihan dinilai cukup baik, ketercapaian tujuan pelatihan dinilai kurang baik, ketercapaian target materi yang telah direncanakan dinilai baik, dan kemampuan peserta dalam penguasaan materi dinilai baik.Kata kunci:Classroom Based Action Research, pelaporan
TRANSFER IPTEK A-BRAINTIF BAGI GURU-GURU RA DAARUL AULADDI ERA POST COVID-19 Ratni Purwasih; Fifiet Dwi Tresna Santana; Lenny Nuraeni
J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol 8, No 1 (2020)
Publisher : (STKIP) PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/j-adimas.v8i1.1612

Abstract

Anak usia TK adalah masa yang sangat strategis untuk mengenalkan berhitung di jalur matematika, karena usia TK sangat peka terhadap rangsangan yang diterima dari lingkungan. Rasa ingin tahunya yang tinggi akan tersalurkan apabila mendapat stimulasi yang sesusi dengan tugas perkembangannya. Oleh karena itu, kemampuan mengelola kelas dan penyampaian konsep belajar di RA/TA perlu guru miliki. Adapun permasalahan yang dialami mitra pengabdian ini meliputi: (1) Guru-guru RA Daarul Aulad belum memiliki keterampilan mengajar menggunakan media pembelajaran softwere Geogebra berbasis ICT; (2) Belum ada media pembelajaran matematika menggunakan softwere geogebra berbasis ICT; (3) Tidak ada modul atau tutorial untuk mengajar menggunakan media pembelajaran berbasis ICT. Solusi yang ditawarkan dalam PKMS ini adalah transfer IPTEK A-Braintif berbantuan ICT di sekolah mitra yaitu RA Daarul Aulad. Hasil pengabdian PKMS ini adalah  Kelompok Guru RA Daarul Aulad memiliki kemampuan membuat dan menyampaikan konsep pengenalan bentuk dan warna (1)  dengan mempergunakan media pembelajaran A-Braintif berbantuan ICT; (2) Tersedianya media pembelajaran A-Braintif berbantuan ICT hasil karya dari kelompok Guru RA; (3)  Pembuatan video tutorial dan modul media pembelajaran A-Braintif berbantuan ICT. Kata kunci: Aplikasi Geogebra, A-Braintif Berbasis ICT, Guru RA, Era Post Covid 19
PEMERDAYAAN GURU-GURU MTs CAHAYA HARAPAN MELALUI KEGIATAN TRANSFER IPTEK E-MATHGOGY MENGGUNAKAN PENDEKATAN ICT BERBASIS REVOLUSI INDUSTRI 4.0 Ratni Purwasih; Dedah Jumiatin; Usman Aripin
J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol 8, No 1 (2020)
Publisher : (STKIP) PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/j-adimas.v8i1.1617

Abstract

Indonesia saat ini memasuki era revolusi 4.0 dan post pandemic.  Sistem pembelajaran sudah beralih ke dunia digital. Penemuan-penemuan di bidang IPTEK meningkatkan kualitas dan fleksibilitas proses pembelajaran. Perkembangan IPTEK yang sangat pesat dan canggih mendorong berbagai lembaga pendidikan memanfaatkan ICT untuk mendesain suasana pembelajaran yang nyaman sehingga menghasilkan ouput yang terbaik. Guru diharapkan mampu memiliki keterampilan untuk memanfaatkan ICT dalam menyampaikan materi ajar kepada siswa terutama kondisi pandemic covid-19 yang mengharuskan sekolah belajar melalui e-learning.  E-MathGogy merupakan sistem pembelajaran melalui website untuk memfasilitasi interakis siswa dengan guru melalui dunia online di era digital ini. Di era revolusi 4.0 guru di tuntut mampu memiliki kemampuan mengadopsi dan memanfaatkan ICT sebagai sarana pembelajaran. Oleh karena itu, kemampuan guru menyampaikan materi ajar melalui E-MathGogy berbasis website penting di miliki.  Mitra pengabdian ini adalah MTs Cahaya Harapan Cisarua. Peserta yang ada 25 orang. Pelaksanaan pengabdian pada bulan juli 2020 berlokasi di room meeting zoom Pro. Permasalahan yang dialami mitra diantaranya, guru-guru MTs  Cahaya Harapan  belum mampu melaksanakan pembelajaran melalui e-learning berbasis website dan belum ada buku atau petunjuk tentang e-learning berbasis website. Oleh karena itu, tujuan pengabdian Ini adalah untuk memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada di mitra tersebut. Hasil pengabdian ini adalah peserta mengalami peningkatan keterampilan  dan pengetahuan sebesar 36.52%. Kata kunci: Pemerdayaan Guru, ICT, Revlusi Industri 4.0

Page 1 of 1 | Total Record : 10